Teknologi
merupakan salah satu elemen penunjang penting dalam berbagai keperluan di
kehidupan. Seiring dengan zaman teknologi mengalami perkembangan. Teknologi
zaman dulu yang cenderung lebih sederhana berkembang menjadi lebih kompleks
menjadi lebih modern dan terkini. Salah satu yang terdampak adalah teknologi
dalam pembelajaran. Perkembangan maju teknologi digital untuk pembelajaran
tentunya membawa berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Apa sih yang
membedakan teknologi zaman dahulu dengan masa kini untuk proses pembelajaran ?
Yuk simak ulasan di bawah ini !
TEKNOLOGI
ZAMAN DULU
unsplash.com/NationalCancerInstitute |
1. Teknologi yang digunakan masih
bersifat teknologi manual atau tradisional
Teknologi masih
bersifat manual, artinya tidak memerlukan alat – alat yang canggih atau
menggunakan alat seadaanya seperti papan tulis, spidol, kartu gambar, dan
lainnya dan murid sering kali memiliki kesulitan untuk memahami materi karena
terbatasnya teknologi yang digunakan seperti mempelajari ciri – ciri fisik
hewan tidak maksimal karena tidak adanya bentuk tiga dimensi seperti dari video
2. Penggunaan teknologi yang tidak
efektif
Teknologi zaman
dahulu dalam prosesnya untuk pembelajaran sering kali tidak begitu efektif atau
membutuhkan waktu yang lebih banyak seperti dalam mempelajari suatu materi yang
dibutuhkan pemahaman mendalam guru harus mempersiapkan teknologi manual seperti
kertas warna dan pensil warna untuk membuat media belajar
3. Penggunaan teknologi tidak
begitu menarik
Teknologi manual
secara umum akan menjadi menarik jika menggunakan kombinasi bentuk, warna,
tekstur juga masih banyak yang berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi dalam
arti pembelajaran yang mengutamakan fokus visualisasi atau indra penglihatan
dalam meningkatkan ketertarikan untuk pembelajaran tetapi tidak melibatkan
indra pendengaran contohnya prakarya kesenian atau flash card namun tidak ada
pembelajaran melalui bunyi atau suara
4. Penggunaan teknologi yang memerlukan
perhatian yang lebih
Penggunaan
teknologi manual memerlukan perhatian dalam tempat, waktu dan kondisi tertentu
atau tidak dapat dengan maksimal digunakan secara fleksibel misalnya penggunaan
teknologi manual seperti poster. Poster yang memiliki ukuran besar tentu akan
menjadi pertimbangan bagi guru dalam penggunaannya disaat tertentu seperti
pembelajaran luar kelas.
5. Nilai fungsional tidak
signifikan bagi kemajuan peserta didik
Referensi inovasi
dan kreativitas dalam teknologi manual tidak begitu signifikan. Selain itu,
kemajuan zaman akan membuat baik guru dan murid tertinggal untuk mengembangkan
kemampuannya dalam mempersiapkan masa depan di abad 21 dalam kehidupan nyata
TEKNOLOGI MASA KINI
1. Teknologi dengan fitur yang
lebih lengkapunsplash.com/LeScope
Teknologi yang digunakan
berkembang lebih baik, tidak lagi manual namun digital seperti penggunaan
aplikasi pembelajaran dengan smart phone, penggunaan layar proyektor untuk
penampilan video, gambar maupun animasi sehingga murid dapat lebih mudah
memahami materi pembelajaran karena adanya visualisasi yang lebih baik dengan
teknologi digital
2. Efektifitas penggunaan
Penggunaan teknologi digital dalam prosesnya untuk pembelajaran lebih efektif atau tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dalam mempersiapkannya untuk pembelajaran seperti dalam mempelajari suatu materi guru dapat menggunakan aplikasi dan membuat soal latihan dengan cepat
3. Sisi yang Lebih menarik
Penggunaan teknologi digital menjadi lebih menarik karena menggabungkan baik visualisasi melalui kombinasi bentuk, warna, dan lainnya dari animasi, gambar dan sejenisnya juga audio seperti melalui video, games maupun animasi sehingga akan lebih mudah untuk menarik murid agar mau belajar atau tertarik dalam pembelajaran
4. Penggunaan teknologi yang lebih fleksibel
Penggunaan teknologi digital bersifat fleksibel artinya dapat digunakan dalam tempat, waktu dan kondisi apapun misalnya saat kegiatan pembelajaran luar kelas, guru dan murid dapat tidak harus memikirkan kondisi dan situasi luar kelas karena menggunakan teknologi digital
5. Nilai fungsionalitas yang cukup
baik untuk kemajuan peserta didik
Referensi inovasi dan kreativitas dalam teknologi digital untuk pembelajaran mengalami perkembangan sehingga akan mudah bagi guru untuk mengembangkan kemampuannya juga murid dalam mempersiapkan masa depan di abad 21 dalam kehidupan nyata
0 komentar:
Posting Komentar