temukan tentang

PERBEDAAN TEKNOLOGI ZAMAN DULU DENGAN TEKNOLOGI MASA KINI

 

Teknologi merupakan salah satu elemen penunjang penting dalam berbagai keperluan di kehidupan. Seiring dengan zaman teknologi mengalami perkembangan. Teknologi zaman dulu yang cenderung lebih sederhana berkembang menjadi lebih kompleks menjadi lebih modern dan terkini. Salah satu yang terdampak adalah teknologi dalam pembelajaran. Perkembangan maju teknologi digital untuk pembelajaran tentunya membawa berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Apa sih yang membedakan teknologi zaman dahulu dengan masa kini untuk proses pembelajaran ? Yuk simak ulasan di bawah ini !

TEKNOLOGI ZAMAN DULU


unsplash.com/NationalCancerInstitute
 

1.    Teknologi yang digunakan masih bersifat teknologi manual atau tradisional

Teknologi masih bersifat manual, artinya tidak memerlukan alat – alat yang canggih atau menggunakan alat seadaanya seperti papan tulis, spidol, kartu gambar, dan lainnya dan murid sering kali memiliki kesulitan untuk memahami materi karena terbatasnya teknologi yang digunakan seperti mempelajari ciri – ciri fisik hewan tidak maksimal karena tidak adanya bentuk tiga dimensi seperti dari video

 

2.    Penggunaan teknologi yang tidak efektif

Teknologi zaman dahulu dalam prosesnya untuk pembelajaran sering kali tidak begitu efektif atau membutuhkan waktu yang lebih banyak seperti dalam mempelajari suatu materi yang dibutuhkan pemahaman mendalam guru harus mempersiapkan teknologi manual seperti kertas warna dan pensil warna untuk membuat media belajar

 

3.    Penggunaan teknologi tidak begitu menarik

Teknologi manual secara umum akan menjadi menarik jika menggunakan kombinasi bentuk, warna, tekstur juga masih banyak yang berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi dalam arti pembelajaran yang mengutamakan fokus visualisasi atau indra penglihatan dalam meningkatkan ketertarikan untuk pembelajaran tetapi tidak melibatkan indra pendengaran contohnya prakarya kesenian atau flash card namun tidak ada pembelajaran melalui bunyi atau suara

 

4.    Penggunaan teknologi yang memerlukan perhatian yang lebih

Penggunaan teknologi manual memerlukan perhatian dalam tempat, waktu dan kondisi tertentu atau tidak dapat dengan maksimal digunakan secara fleksibel misalnya penggunaan teknologi manual seperti poster. Poster yang memiliki ukuran besar tentu akan menjadi pertimbangan bagi guru dalam penggunaannya disaat tertentu seperti pembelajaran luar kelas.

 

5.    Nilai fungsional tidak signifikan bagi kemajuan peserta didik

Referensi inovasi dan kreativitas dalam teknologi manual tidak begitu signifikan. Selain itu, kemajuan zaman akan membuat baik guru dan murid tertinggal untuk mengembangkan kemampuannya dalam mempersiapkan masa depan di abad 21 dalam kehidupan nyata


     TEKNOLOGI MASA KINI          

unsplash.com/LeScope

       1.    Teknologi dengan fitur yang lebih lengkap

Teknologi yang digunakan berkembang lebih baik, tidak lagi manual namun digital seperti penggunaan aplikasi pembelajaran dengan smart phone, penggunaan layar proyektor untuk penampilan video, gambar maupun animasi sehingga murid dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran karena adanya visualisasi yang lebih baik dengan teknologi digital

     2.    Efektifitas penggunaan

     Penggunaan teknologi digital dalam prosesnya untuk pembelajaran lebih efektif atau tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dalam mempersiapkannya untuk pembelajaran seperti dalam mempelajari suatu materi guru dapat menggunakan aplikasi dan membuat soal latihan dengan cepat

     3.    Sisi yang Lebih menarik

   Penggunaan teknologi digital menjadi lebih menarik karena menggabungkan baik visualisasi  melalui kombinasi bentuk, warna, dan lainnya dari animasi, gambar dan sejenisnya juga audio seperti melalui video, games maupun animasi sehingga akan lebih mudah untuk menarik murid agar mau belajar atau tertarik dalam pembelajaran

     4. Penggunaan teknologi yang lebih fleksibel

    Penggunaan teknologi digital bersifat fleksibel artinya dapat digunakan dalam tempat, waktu dan kondisi apapun misalnya saat kegiatan pembelajaran luar kelas, guru dan murid dapat tidak harus memikirkan kondisi dan situasi luar kelas karena menggunakan teknologi digital

     5.    Nilai fungsionalitas yang cukup baik untuk kemajuan peserta didik

     Referensi inovasi dan kreativitas dalam teknologi digital untuk pembelajaran mengalami  perkembangan sehingga akan mudah bagi guru untuk mengembangkan kemampuannya juga murid dalam mempersiapkan masa depan di abad 21 dalam kehidupan nyata

 

 

    

0 komentar:

Posting Komentar

MENGENAL KONSEP PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA

  Kurikulum merdeka mengusung tema baru yaitu menerapkan nilai – nilai dalam bulir Pancasila. Nilai – nilai dari bulir pancasila ini dibuat ...