temukan tentang

DEFINISI KURIKULUM DARI BUKU DAN PARA AHLI (INGGRIS DAN INDONESIA)

Definitions of Curriculum

1.    1.  Venable, Tom C. 1958. Patterns in Secondary School Curriculum. New York: Harper ____.& Brothers

By the sociological foundations of the curriculum is meant those concepts of the relationship o the school to the society; the school as a unique social institution, the role of the school in the socialization of the individual, and the part of the school play in leading and following the existing social order.

The english curriculum includes all those experiences which are pointed toward the development of the communicative skills and the language arts.

 

2.   2.  Kelly, A.V. 2004. The Curriculum Theory and Practice;Fifth Edition. London: SAGE    

      Curriculum is a term which is used with several meanings and a number of different definitions of it have been offered, so that it is important that we establish at the beginning what it should be taken to signify throughout this book, and, perhaps more importantly, what it should not be taken to mean. 

         

https://unsplash.com/photos/N_aihp118p8

                                            

3.    3.  Prof. Dr.S. Nasution, M.A. 2008. Asas – asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

Definisi kurikulum dari Webster tahun 1856 artinya adalah :1. A race course; a place for running; a chariot.2. a course in general; applied particulary to the course of study in a university” Jadi definisinya adalah suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari atau kereta dalam perlombaan, dari awal sampai akhir. Kurikulum juga berarti chariot yaitu semacam kereta pacu pada zaman dahulu, yakni suatu alat yang membawa seseorang dari “start” hingga “finish”.

Definisi Kurikulum dalam kamus Webster tahun 1955 adalah “a. A course esp. A specified fixed course of study, as in a school or college, as one leading to a degree. B. the whole bodyof courses offered in an educational institution, or department there of-“, artinya kurikulum digunakan untuk pendidikan dan pengajaran. Yakni sejumlah mata pelajaran di sekolah atau dalam mata kuliah di perguruan tinggi, yang harus ditempuh untuk mencapai suatu ijazah atau tingkat. Kurikulum juga berarti keseluruhan pelajaran yang disajikan oleh suatu lembaga pendidikan

 

4.     4. Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata. 2004. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kurikulum merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kurikulum bukan hanya merupakan rencana tertulis tetapi sesuatu yang fungsional yang beroperasi dalam kelas, yang memberi pedoman dan mengatur lingkungan dan kegiatan yang berlangsung di dalam kelas.

Menurut Beauchcamp (1968, hlm,6) “A curriculum is a written document which may content many ingredients, but basically it is a plan for the education of pupils during their enrollment in given school.”

 

5.      5. M. IT, Dr. Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komputer. Bandung :Alfa Beta.

Kurikulum sebagai rencana pembelajaran di dalam sekolah yang mencakup sejumlah mata pelajaran yang ditawarkan oleh suatu lembaga pendidikan yang harus ditempuh ataupun dipelajari peserta didik di sekolah atau perguruan tinggi untuk memperoleh ijazah tertentu.

Hilda Taba mendefinisikan kurikulum sebagai rencana belajar dengan mengungkapkan bahwa curriculum is a plan for learning.


0 komentar:

Posting Komentar

MENGENAL KONSEP PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA

  Kurikulum merdeka mengusung tema baru yaitu menerapkan nilai – nilai dalam bulir Pancasila. Nilai – nilai dari bulir pancasila ini dibuat ...